Blog Archives

Tips Menjadi Penulis

menulis
Kamu udah tau kan betapa pentingnya menguasai kemampuan menulis?! Sekarang, kita kasih kamu beberapa tips gimana caranya supaya kamu bisa belajar menjadi seorang penulis.

1. Rajin baca
Pren, sebenernya antara membaca dan menulis bisa diibaratkan dua sisi dari satu keping mata uang logam yang gak bisa dipisahkan. Jadi, untuk bisa dengan lancar menulis, kamu harus rajin baca. Emang sih… dengan rajin baca aja gak otomatis bikin kamu pinter nulis. Tapi bisa dipastiin: tanpa membaca jangankan jadi penulis handal, jadi penulis biasa aja mungkin gak bakalan pernah terwujud. Bener gak?! Emang kita mau nulis apa kalo kita gak punya informasi apapun untuk ditulis?! Nah… aktivitas membaca bisa jadi perangsang bagi pikiran dan hati kamu untuk mengembara di alam bacaan kamu, kemudian kamu merekamnya di benak kamu. Hasil rekaman itu bisa dijadiin bahan, inspirasi atau ide tulisan kamu. Kamu juga bisa baca buku megenai langkah-langakah praktis dalam menulis dll. yang akan membantu kamu untuk jadi seorang penulis.
2. Rajin nonton
Sebenernya, dari sering nonton ini kamu bakal dapet info-info baru. Misalnya kamu melihat berita tindak kriminal atau perlakuan tidak adil yang dialami oleh sebagian masyarakat. Nah.. kamu yang sebel dengan semua itu bisa menuangkan kemarahan, kesedihan, sekaligus solusi dari masalah yang pernah kamu liat itu dalam tulisan kamu. Kamu juga bisa mempelajari alur kehidupan mini yang dilakonkan oleh para aktris dalam sebuah film. Itu semua bisa dijadiin bahan tulisan kamu. Misalnya kamu bisa mengomentari atau mengulas sebuah film untuk diambil pelajaran dari film tersebut.
3. Rajin nongkrong dan jalan-jalan
Rajin nongkrong bukan berarti kerjaan kamu cuma nongkrong doang! Maksudnya, kamu musti pinter gaul karena dari pergaulan itu kamu mungkin bakal dapet banyak inspirasi mengenai apa yang mau kamu tulis. Mungkin dari hasil nongkrong atau jalan-jalan itu kamu bakal dapet joke-joke baru yang masih fresh. Atau, pas nongkrong atau jalan-jalan kamu ngeliat kelakuan-kelakuan konyol yang bisa kamu bawa dan dituangkan dalam tulisan karena mungkin kamu ingin berbagi hikmah dengan orang lain dari kekonyolan tersebut.
4. Punya sudut pandang
Kalo kamu perhatiin, setiap penulis pasti punya sudut pandang, yaitu keyakinannya. Ketika membahas tentang pergaulan bebas, pasti bakalan berbeda antara seorang penulis yang yakin bahwa pergaulan bebas itu sah-sah saja dengan penulis yang berkeyakinan bahwa pergaulan bebas itu adalah hal yang terlarang. Nah.. kita sebagai seorang muslim harus memperdalam pemahaman tentang keyakinan kita, yaitu Islam, supaya kita bisa bikin tulisan-tulisan yang bermutu dengan sudut pandang yang benar. Percaya deh, upaya kamu dalam membuat tulisan bakal dicatat sebagai amal ibadah di sisi Alloh, amin…
5. Rajin mandi
Nah… yang ini juga gak kalah penting kalo kamu pengen jadi seorang penulis. Iya lah! Kamu pasti gak bakalan bisa nulis kalo jari-jari tangan kamu sibuk garuk-garuk badan dan kepala yang gatel karena kamu jarang mandi dan keramas! Makanya, untuk menjadi seorang penulis kamu harus memulai kebiasaan baru, yaitu: rajin mandi.
Hei!!! Tunggu apalagi?! Ayo mandi dan mulai nulis!! (al.)

Sumber : Openmind minimagz

%d bloggers like this: